Ingat, AC adalah barang elektronik yang harus benar-benar dijaga dengan baik jika tidak ingin mengalami kerusakan cepat. Oleh karena itu, jika Anda berniat untuk memasang AC Daikin yang terkenal dengan AC hemat energi, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

AC Daikin Hemat Energi

daikin.co.id

Perhatikan Lokasi atau Situasi Penempatan AC

Catat beberapa hal ini: pertama, pastikan tempat aliran udara pada AC bebas dari hambatan terutama untuk sirkulasi udaranya. Kedua, gunakan waterphas sebagai alat ukur untuk memasang unit rata. Selanjutnya, pastikan tempat untuk pemeliharaan mudah dijangkau, serta tidak ada gangguan pada tempat pembuangan udara. Terakhir, jika penempatan indoor, jangan terlalu berdekatan dengan pintu keluar masuk dan sumber panas.

Perhatikan Jaringan Listrik

Umumnya, ukuran kabel yang digunakan yaitu ukuran 1,5 mm, 2.5 mm, dan 4 mm. Selain itu, untuk kekuatan tegangan usahakan normal 220 V dan frequensinya 50 Hz atau 60Hz untuk tempat tertentu. Kemudian, untuk fuse/sikring dan kapasitas saklar sangat dianjurkan menggunakan stop kontak kaki tiga dengan kualitas terbaik. Terakhir, jika ingin menaikkan tegangan drop, maka sebaiknya dinaikkan dengan menggunakan stabiliser.

Perhatikan Pengerjaan Pemipaan Indoor dan Outdoor

Usahakan ukuran diameter pipa sesuai dengan standar unit AC, misalnya untuk AC 2 PK bisa menggunakan pipa 1/2 dan 1/4, sedangkan AC 1 PK bisa menggunakan pipa 3/8 dan 1/4, begitu seterusnya. Untuk mengecek jumlah freon bisa Anda cek dengan menggunakan pengukur Ampere dan Manifold. Selanjutnya, jika Anda ingin memeriksa kebocoran pada gas, maka gunakan busa sabun atau leak detector.

Perhatikan Sistem Pembuangan Air (Drainase)

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk pengerjaan drainase, seperti penampilannya, sistem isolasi (heat insulation), hubungan antar bagian sealing (anti bocor), pemasangan pipa drainase yang harus menghadap ke bawah, sistem pembuangan jika terkena percikan air, pengaturan jarak saluran drainase dengan tempat pembuangan, dan memastikan kelancaran pembuangan air dari evaporator.

Perhatikan Hal-hal Lain yang Dianggap Penting

Sebagai contoh, perhatikan cara pengoperasian AC, hal itu bisa Anda baca pada buku panduan pemakaian. Kemudian, pengukuran suhu udara yang tersedot oleh unit indoor dan suhu yang keluar (pastikan perbedaannya > 8 derajat celcius), sesuaikan pengukuran Ampere dengan yang tertera pada petunjuk (pamflet) dan sesuaikan juga dengan tekanan freon. Perhatikan juga akurasi proses buang angin dengan menggunakan vaccum air.

Itulah lima hal yang penting Anda perhatikan dalam melakukan instalasi AC Daikin. Penting untuk diperhatikan, jika Anda belum paham cara pemasangan AC ini, maka sebaiknya pelajari terlebih dahulu buku petunjuk pemasangannya pada buku pedoman, atau jika perlu minta jasa ahlinya. Terlepas dari itu semua, jika Anda butuh AC berkualitas, pilih Daikin. Ingat, kalau AC ya Daikin aja!