6 Gangguan Kesehatan Akibat Patah Hati

6 Gangguan Kesehatan Akibat Patah Hati

Banyak orang yang mengibaratkan hidup seperti roda yang berputar dimana ada suatu waktu kita merasa bahagia dan ada pula waktu kita harus dihadapkan dengan berbagai kondisi yang tidak mengenakkan seperti patah hati. Tidak selera makan, tidak mudah tersenyum, selalu melamun, tidak bersemangat untuk beraktivitas merupakan sejumlah dampak umum yang terjadi jika seseorang patah hati.

Tidak disangka, patah hati ternyata dapat memicu gangguan kesehatan lo. Hal ini disebabkan oleh faktor fisik dan psikis kita yang memang diciptakan untuk saling memberi sebab akibat. Ada sejumlah kebiasaan yang dapat menggangu kesehatan mental, ada pula sebuah kondisi mental yang dapat mengganggu kesehatan fisik. Coba langsung kita simak.

  1. Daya Tahan Tubuh Menurun Drastis

Gangguan kesehatan pertama yang paling umum terjadi pada mereka yang sedang patah hati adalah menurunnya daya tahan tubuh. Keadaan ini pun membuat mereka lebih rentan terserang oleh virus, bakteri atau bahkan perubahan cuaca. Keadaan ini lebih diperburuk dengan makan yang cenderung tidak lagi teratur dan semangat hidup yang berkurang walau sedikit.

  1. Rambut Mudah Rontok

Rambut rontok mungkin terkesan sepele dan wajar namun kamu harus tahu bahwa rambut yang rontok berlebihan dapat digolongkan sebagai gangguan kesehatan. Secara ilmiah, stress yang umumnya diakbibatkan oleh patah hati ini akan melonggarkan folikel rambut seseorang secara bertahap sehingga menyebabkan rambut lebih mudah rontok.

  1. Gangguan Tidur Seperti Insomnia

Patah hati umumnya membuat penderitanya kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Sebagian ada yang selalu terbangun dari tidurnya ada pula yang bahkan tidak bisa tidur sama sekali sampai larut malam. Hal ini akan membuatmu terkena insomnia jika terjadi secara terus menerus.

  1. Hipertensi

Tidak sekedar insomnia atau rambut rontok, patah hati ternyata juga dapat menimbulkan dampak yang serius seperti tekanan darah tinggi. Hal ini tidaklah terlalu berbahaya jika kamu bisa segera menenangkan hati dan pikiranmu, namun hal ini dapat menjadi pemicu besar jika kamu mempunyai riwayat darah tinggi. Jadi, tetap perlu hati-hati.

  1. Masalah Pencernaan

Orang yang patah hati biasanya akan mengalami gangguan makan alias nafsu makan yang berkurang. Memang ada penjelasan ilmiah mengenai alasan mengapa makanan akan terasa hambar ketika masuk ke dalam tubuh orang yang sedang patah hati. Namun intinya, gangguan makan ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada perut seperti gangguan pencernaan sampai penyakit maag.

  1. Muncul Masalah Kulit

Tidak hanya penyakit dalam, dampak dari patah hati pun kadang menyerang bagian luar yakni kulit. Stress seperti saat sedang patah hati dapat memicu peradangan jerawat, kulit yang mudah iritasi, alergi bahkan dehidrasi. Mengejutkan ya!

Dari ulasan di atas, kamu pun perlu mengambil tindakan untuk mengatasi patah hati dan stress yang kamu alami sesegera mungkin. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan seperti belajar mengikhlaskan, banyak berdo’a, berolahraga, lakukan hal yang disenangi dan keluarlah dari rumah, lihat bahwa dunia masih indah walau tanpa si dia. Good luck!