Daerah Penghasil Batik Terkenal di Indonesia

Batik adalah seni gambar dan hias kain dengan motif tertentu. Melukis kain sudah menjadi bagian dari budaya di Indonesia sejak jaman dulu yang memiliki cita rasa seni tinggi. Dengan berbagai teknik dan teknologi yang berkembang, kini seni ini telah diwariskan sejak nenek moyang dan dikembangkan menjadi salah satu item fashion yang diperhitungkan di kancah dunia. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari peran para desainer serta pengrajin yang selalu memberikan inovasi karyanya.

Perlu diketahui bahwa hampir semua daerah di Indonesia memiliki ciri khas pada seni nya. Hal ini bisa terlihat di setiap motif kain yang berbeda-beda tergantung pada kondisi dan budaya di daerah tersebut. Selain itu, setiap goresan nya selalu memiliki nilai filosofis yang tinggi dan memiliki kandungan makna tersembunyi sehingga tak heran jika UNESCO menetapkan kain Indonesia ini menjadi warisan kemanusiaan dan budaya lisan serta nonbendawi pada tahun 2009 lalu.

Berikut ini beberapa daerah penghasil batik di Indonesia, diantaranya:

  1. Solo

Kota yang berada di tanah Jawa ini juga dikenal dengan nama Surakarta dimana memiliki motifnya yang sangat terkenal. Motif yang biasa dibentuk adalah pemandangan alam seperti burung dan bunga. Beberapa motif terkenalnyayaitusidomulyo, yang menyimbolkankebahagiaan, sidodadi, yang merepresentasikankemakmurandan juga sidowibowo yang menandakan martabat.

2. Yogyakarta

Model baju batik di Yogyakarta di dominasiwarna natural seperti cokelat, putih, hitam dan krem, membuat Jogja selalu menjadi simbol budaya khas tanah Jawa. Bahkan beberapa acara seperti pernikahan dan acara Jawa lainnya mewajibkan para pemimpin acara menggunakan baju dengan motif tertentu.

3. Pekalongan

Pekalongan juga menjadi salah satu kota yang terkenal akan kerajinannya yang khas. Berbagai macam pabrik yang memproduksi kain ini tersebar di kota ini. Dengan pengaruh berbagai macam budaya seperti Arab, China dan Belanda, membuat motif dari Pekalongan sangat khas dan indah.

4. Cirebon

Dengan banyaknya pengaruh budaya China, membuat seni lukis kain Cirebon memiliki motif yang khas seperti naga, gajah dan macan yang merupakan hewan-hewan yang dianggap suci oleh kebanyakan etnis China.

5. Minahasa

Minahasamemilikibanyakadat dan tradisi yang cukup berbeda dengan Jawa sehingga mempengaruhi terhadap motif kainnya. Dengan motif itulahpengrajin di MinahasamerepresentasikankebudayaanMinahasa dalam setiap sentuhan dan goresan saat menggambarnya.

6. Bali

Dengan motif unik lantaran merupakan perpaduan dari adat dan kepercayaan di Pulau Dewata, membuat kain dari Bali sangat terkenal di kancah nasional dan internasional. Beberapa hewan yang seringkali menjadiinspirasiadalahrusa, nagadanburungbangau. Umumnya motifnya berwarna cerah dan mengusung tema bebas.

7. Madura

Pulau penghasil garam, Madura memiliki kain gambar tulis dengan motif beragam seperti burung, daun, bungadantanjungbumi. Bahkan ada satu jenisnya yang disebutgentongan yang memakanwaktu hingga satu tahun dalam pembuatannya lantaran motifnya yang sulit dan rumit. Tak heran harganya bisa sangat mahal.

Selain beberapa kota tersebut, masih ada beberapa kota lain seperti Bengkulu, Indramayu dan Palembang sebagai kota penghasil batik terkenal di Indonesia. Dengan keragaman budaya dan tradisi di setiap pulau serta daerah di Indonesia memberikan pengaruh signifikan terhadap setiap motif yang tercipta dari setiap goresan tangan. Setiap goresannya memiliki makna dan merepresentasikan keragaman yang ada di nusantara sehingga keindahannya sangat dikagumi dunia.