Bingung liburan kemana? Enggak perlu bingung karena kamu bisa datang ke air terjun indah di Indonesia.

air-terjun-bak-negeri-dongeng

Berdasarkan informasi yang dilansir dari situs yang memberikan harga hotel di Bandung murah, serta destinasi lainnya, Reservasi.com, berikut air terjun indah di Indonesia yang mirip negeri dongeng.

1. Air Terjun Sedinding Karang

Air terjun ini berada di sebuah kota kecil yakni Lumajang. Air Terjun Tumpak Sewu juga dikenal dengan nama Coban Sewu atau Grojokan Sewu, punya jumlah sumber mata air yang sangat banyak.

Saat kamu masuk ke dalam air terjun indah ini, kamu akan melihat tulisan besar yang bertuliskan “Serpihan surga itu memang ada” kalimat tersebutlah yang digunakan untuk menggambarkan keindahan air terjun ini.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu terletak di Desa Sidomulyo, kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Sebelum kamu booking tiket pesawat dan booking hotel online murah di www.reservasi.com, lalu liburan ke Lumajang, Jawa Timur. Berikut tips yang bisa kamu terapkan:

  • Sebaiknya kamu berhati-hati, karena medan menuju Air Terjun Tumpak Sewu terjal, licin dan terbilang cukup berbahaya.
  • Saat sedang mendung atau hujan, sebaiknya jangan memaksakan diri buat datang ke sini.
  • Lebih baik ke sini saat pagi dan urungkan niat kamu jika berkunjung ke sini saat sore hari.
  • Sebaiknya tidak menggunakan celana jeans/baju dan pakaian ketat karena dikhawatirkan membuat kamu susah beraktivitas, karena jalan yang dilalui untuk sampai ke air terjun tumpak sewu lumayan jauh dan curam.
  • Sebaiknya bawa bekal makanan dan minuman, karena menemukan penjual makanan dan minuman di sini masih jarang.

2. Air Terjun Niagara Mini Padang

Air terjun Niagara Mini Padang ini memang sebenarnya bukan tempat wisata, karena hanya bendungan air biasa yang digunakan untuk menahan derasnya arus sungai yang mengalir ke muara.

Namun, akibat tahun lalu bendungan ini jebol dan mengalami kerusakan parah akibat banjir bandang. Maka bendungan ini jadi tempat wisata dadakan di kota Pandang.

Air Terjun Niagara Mini Padang ini diklaim mirip dengan air terjun Niagara yang berada di perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat New York dengan Provinsi Kanada Ontario.

Alamat Air Terjun Niagara Koto Pulai : Berada di Kelurahan Koto Pulai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. Hanya berjarak sekitar 20 menit dari bandara Internasional Minangkabau Padang.

Tips aman saat berkunjung ke tempat wisata dadakan ini:

  • Sebaiknya tidak turun ke bawah bendungan, cukup dari atas tebing sungai saja.
  • Lihat kondisi cuaca, jika sedang hujan tak disarankan untuk datang ke air terjun di Padang ini.

3. Air Terjun Tama’lulua

Air terjun ini jadi salah satu air terjun paling indah yang terletak di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Air terjun Tama’lulua juga dikenal dengan nama Air terjun Bossolo.

Cara menuju ke Air terjun tama’lulua:

Dari kota Makassar ke kota Jeneponto memakan waktu kurang lebih 3 jam. Kamu akan melalui Kabupaten Gowa-Takalar-Jeneponto.

Saat sampai di kota Jeneponto ada patung kuda besar, belok kiri, lalu masuk ke Jalan Kelara. Dari jalan Kelara kamu memerlukan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai ke desa Rumbia.

Lalu, dari jalan poros desa Rumbia kamu hanya memerlukan waktu 5 menit untuk sampai tempat parkiran. Untuk sampai ke Air Terjun Tama’lulua, kamu harus trekking sekitar 1 jam lamanya dari tempat parkir.

Tak jauh dari tempat parkir, ada baliho besar yang bertuliskan “Air Terjun Tama’lulua”. Air terjun ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Bissolo.

Tips Menuju Air Terjun Tama’lulua

  • Sebaiknya kamu lebih berhati-hati, karena perjalanan ke Air Terjun Tama’lulua berbukit, terjal, serta memiliki sudut kemiringan sekitar 45 derajat.
  • Gunakan sepatu yang nyaman karena perjalanan menuju Air Terjun Tama’lulua cukup berat

4. Air Terjun Nglirip Tuban

Air terjun ini jadi salah satu yang paling mempesona yang ada di Tuban, tepatnya berada di  pedukuhan Jojogan Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, kabupaten Tuban , Jawa timur.

Konon kabarnya, saat kamu ke sini sebaiknya kamu tak membawa pacar, karena ada mitos yang berkembang di masyarakat. Dahulu kala, ada pasangan kekasih yang berbeda kasta jatuh cinta.

Sang pria dari keluarga kaya, sedangkan sang gadis adalah gadis biasa putri keluarga petani. Hubungan kisah cinta mereka tak direstui oleh orang tua sang pria, karena perbedaan kasta tersebut. Sang pria tetap mempertahankan hubungan percintaannya, meskipun tak direstui oleh orang tua sang pria.

Hingga akhirnya, sang ayah membunuh putranya tersebut karena dianggap memalukan keluarga bangsawan.

Mengetahui sang pujaan hati telah tiada. Sang gadis memutuskan untuk bersemedi di dalam gua tersembunyi di balik Air Terjun Nglirip hingga akhir hayatnya.

Masyarakat sekitar percaya kalau arwah gadis itu membawa kutukan dan masih gentayangan. Putri Nglirip jadi sebutan arwah gadis itu.

Gimana kamu punya rekomendasi air terjun indah lainnya?