kebutuhan-susu-anak

Menentukan susu anak 4 tahun terkadang menjadi hal yang rumit mengingat banyaknya produk susu anak yang beredar di pasaran. Orang tua pasti sudah sangat menyadari bagaimana pentingnya susu bagi tumbuh kembang anak. Walaupun usia anak telah menginjang 4 tahun, anak masih memerlukan susu formula.

Kesulitan dalam memilih susu formula anak 4 tahun ini semakin diperkuat karena anak usia 4 tahun memiliki keterampilan motorik yang semakin bagus, keterampilan sosial yang meningkat, dan keterampilan bahasa yang juga terus berkembang. Susu yang Anda pilih tentu harus bisa mendukung segala aspek pertumbuhan anak tersebut di atas. Nah, bagi Anda para orang tua yang masih bingung dalam memilih susu anak usia 4 tahun terbaik, sebaiknya Anda menyimak 4 cara cerdas berikut ini.

1. Pilih Susu yang Dikhususkan untuk Anak Usia 4 Tahun

Berbagai macam susu formula yang dijual di pasaran dikemas dengan mengikuti usia si kecil. Hal ini dilakukan para produsen agar kandungan yang ada pada susu sesuai dengan apa yang dibutuhkan anak dan sesuai dengan tahap perkembangannya, seperti yang sedikit disinggung di atas.

Jadi, Anda tidak boleh memilih susu secara acak untuk si buah hati melainkan pilihlah susu yang memang dikhususkan untuk anak usia 4 tahun. Perkembangan anak dalam beberapa aspek mungkin saja terhambat jika Anda mengabaikan hal ini.

2. Pahami Kandungan Nutrisi yang Diperlukan Anak

Memilih susu anak berdasarkan tingkatan usianya saja tidak cukup untuk meyakinkan Anda bahwa susu Anak tersebut benar-benar yang terbaik. Sebagai tambahan, Anda harus lebih memahami nutrisi apa saja yang wajib ada dalam susu formula tersebut karena tidak semua susu anak usia 4 tahun memiliki kandungan nutrisi yang sama.

Sebagai referensi, nutrisi yang wajib terkandung dalam susu formula anak adalah ALA, LA, Prebiotik, Probiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, E, Selenium dan Zink. Kandungan wajib ini telah dipastikan ada dalam produk susu terkenal seperti Friso Gold 4.

3. Pilih yang Kemasannya Paling Higienis

Saya yakin bahwa para orang tua pasti tidak akan membeli susu yang kemasannya basah atau rusak. Hal ini tentu memberikan dampak buruk pada kualitas susu di dalamnya. Namun, melakukan hal itu saja masih dirasa kurang. Anda seharusnya juga memperhatikan kemasan dari produsen langsung. Bagaimana sih maksudnya?

Begini, susu formula anak lazimnya disertai sendok takaran. Anda mungkin sering menemui susu formula anak yang sendok takarnya berada dalam satu wadah sehingga akan mempersulit Anda untuk meraihnya. Alhasil, bakteri yang ada di tangan turut masuk ke dalam susu. Nah, sebaiknya Anda mulai menghindari kemasan yang seperti ini.

Sebaliknya, pilihlah kemasan dengan protection lid seperti yang disajikan oleh susu Friso Gold 4. Kemasan telah disertai segel yang rapat, tempat sendok yang dijamin higienis karena tidak bercampur dengan susu serta takaran yang dijamin akurat.

4. Pilih Susu yang Menerapkan Locknutri

Apa itu Locknutri? Bagi Anda yang masih berstatus sebagai orang tua baru, Anda mungkin masih sedikit asing dengan kata tersebut. Locknutri merupakan sebuah teknologi yang ditujukan untuk menjaga kualitas alami nutrisi dari susu formula tersebut.

Artinya, kualitas alami nutrisi tidak akan berubah ketika sedang dalam proses pemanasan dan mudah dicerna oleh si kecil. Kebutuhan susu anak 4 tahun tentu akan semakin tercukupi dengan adanya teknologi ini. Sayangnya, tidak semua susu menerapkan teknologi ini. Jadi, pandai-pandai memilih ya. Jangan lupa membaca informasi pada kemasan.

Setiap orang tua sudah seharusnya cerdas dalam segala hal termasuk dalam memilih susu anak usia 4 tahun yang terbaik. Bukan hanya teliti dalam melihat tanggal kadaluarsa atau memilih hanya karena banyak orang tua lain yang memilih produk tersebut, tetapi pilihlah berdasarkan standar yang jelas. Susu terbaik pasti memiliki kualitas terbaik pula. Demikianlah 4 cara cerdas dalam memilih susu anak 4 tahun yang terbaik. Memberikannya susu terbaik sama dengan Anda memberikan cinta yang besar untuk si buah hati.